Cara Mengonversi VHS ke DVD dengan Perekam DVD

Saat menyimpan film atau memori favorit Anda, standar yang digunakan adalah kaset video VHS . Tetapi dengan kemajuan teknologi DVD , keunggulan DVD terbukti lebih besar daripada kaset VCR. Kaset video dapat aus seiring waktu, menjadi bengkok, rusak atau kotor. Kasing kaset juga rentan terhadap kerusakan, membuat rekaman di dalam tidak berguna. Penyimpanan lebih mudah dengan DVD karena membutuhkan lebih sedikit ruang daripada video. Belum lagi kualitas gambar dan suaranya lebih tinggi pada DVD.kunjungi juga ditumbas.com yang membahas berbagai informasi terupdate seputar teknologi,gadget dan berita lainnya.

Cara Mengonversi VHS ke DVD dengan Perekam DVD

Jadi pertanyaannya adalah, bagaimana cara saya mengonversi kaset video saya menjadi DVD untuk melestarikannya demi kesenangan saya di masa depan? Ada beberapa opsi. Pertama, Anda dapat menggunakan layanan konversi VHS ke DVD yang akan melakukan transfer untuk Anda. Namun, jika Anda memiliki banyak video untuk dikonversi, seiring waktu Anda akan menghemat uang dengan melakukan konversi sendiri di kenyamanan rumah Anda.

Komputer yang mengerti di antara kita akan menggunakan komputer mereka untuk mentransfer video mereka ke DVD. Dibutuhkan menyalin video ke file digital di komputer menggunakan konverter analog. File tersebut dikompres ke dalam format MPEG-2 sebelum dibakar ke DVD. Metode ini membutuhkan waktu, tetapi memungkinkan Anda untuk membuat perubahan pada video, seperti efek atau musik khusus, sebelum Anda membakarnya ke DVD. Tergantung pada perangkat lunak pembakar yang Anda gunakan, Anda mungkin dapat menambahkan menu atau fitur khusus lainnya. Namun, prosesnya bisa sangat lambat karena Anda harus mentransfer file dua kali: pertama dari video ke komputer dan sekali lagi dari komputer ke DVD.

Jadi untuk menghemat waktu dan tenaga, Anda dapat menyalin kaset ke DVD tanpa menggunakan komputer . Ada dua cara untuk melakukan ini:

  • Yang pertama melibatkan pembelian perekam DVD yang memungkinkan input dari sumber lain . Anda cukup menghubungkan VCR Anda dengan kabel ke perekam DVD. Kemudian saat video diputar, ia juga merekam. Jika Anda memilih opsi ini, pertimbangkan untuk membeli prosesor video yang disebut proc amp atau korektor basis waktu. Perangkat ini menstabilkan dan meningkatkan kualitas video analog saat diumpankan ke perekam DVD dan dapat sangat meningkatkan hasil gambar yang Anda dapatkan di DVD.
  • Pilihan kedua adalah membeli kombinasi Perekam DVD / VCR . Ini melakukan hal yang sama seperti opsi sebelumnya tanpa perlu menghubungkan kabel apa pun. Jika Anda berencana untuk menyalin banyak video, ada baiknya Anda meluangkan waktu dan upaya untuk mengetahui seperti apa pemrosesan mesin terhadap sinyal analog dari rekaman video sebelum mengubahnya menjadi sinyal digital yang direkam dalam format DVD. . Anda menginginkan hasil terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Jika Anda melakukan konversi sendiri, selalu ikuti instruksi pabrik untuk memastikan Anda menangkap video dengan tepat. Pastikan Anda telah membersihkan kepala VCR antara menyalin video. Kaset lama membawa banyak debu atau partikel lain yang dapat menyumbat VCR Anda. Dan karena Anda menyalin langsung dari video ke DVD, masalah kualitas gambar apa pun yang Anda miliki dengan video akan muncul di DVD. Memahami bahwa jika Anda memiliki video yang direkam pada SLP (6 jam video pada sebuah kaset) Anda tidak akan mendapatkan kualitas yang sama dengan merekam ke DVD seolah-olah video itu direkam pada SP (2 jam video pada sebuah kaset). Jika Anda merasa kualitasnya tidak dapat diterima, pertimbangkan untuk mengubah metode konversi video ke DVD. Namun, bagi banyak orang, waktu dan energi yang dihemat dalam mengonversi video sendiri akan lebih besar daripada kekhawatiran apa pun atas kualitas video.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *