Dasar-Dasar Menyolder Logam Mulia

kedai perabot murah di seremban Membuat Anda Bahagia. Banyak Pilihan Dengan Berbagai Jenis Bahan Furniture Yang Digunakan. Harga Sangat Terjangkau Sehingga Sangat Cocok Belanja Furnitur ini

Sebelum menyolder ada tiga faktor yang harus diperhatikan. Desain harus cocok untuk penyolderan, bagian yang akan disolder harus pas dan akurat dan solder dan fluks yang benar harus digunakan.

Theo Blog: Alat Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Membuat Perhiasan Logam

Solder biasanya diklasifikasikan menurut titik lelehnya – mudah, sedang dan keras. Oleh karena itu ini mengacu pada kemudahan melelehkan solder. Oleh karena itu, solder kelas mudah meleleh sebelum yang keras. Ini dapat digunakan di mana urutan sambungan harus dibuat.

Biasanya solder harus sesuai dengan aturan penandaan yang sama dengan logam yang disambung – misalnya, solder 9 karat harus mengandung setidaknya 37,5% emas. Namun, ada beberapa konsesi seperti Solder Platinum dan beberapa paduan emas putih.

Campuran gas dan udara tekan umumnya paling memuaskan untuk penyolderan obor. Penyesuaian halus ukuran api dan suhu dimungkinkan. Nyala api harus dijaga terus-menerus bergerak di seluruh area sambungan, atau di area seluas yang dapat dengan mudah disambung, dalam satu aplikasi solder.

Area sambungan harus bebas dari kotoran dan minyak, dan idealnya dibersihkan dengan kikir atau kertas ampelas untuk memastikan solder akan membasahi logam induk. Fluks harus diterapkan ke area sambungan dan solder sebelum pemanasan.

Fluks mendorong pembasahan benda kerja oleh solder cair. Ini dilakukan dengan menghilangkan lapisan oksida yang ada pada logam induk dan solder dan mencegah pembentukan oksida lebih lanjut selama pemanasan. Fluks harus benar-benar cair dan aktif sebelum likuidasi solder dan harus tetap demikian sampai setelah pemadatan solder.

Jika ukuran sambungan besar, penambahan fluks lebih lanjut dapat dilakukan selama proses. Harus dicatat bahwa pemanasan benda kerja mungkin diperlukan untuk memastikan retensi penuh pasta fluks di seluruh area sambungan. Obor awalnya harus dipegang agak jauh dari benda kerja sehingga nyala api memanaskan pekerjaan secara umum. Jika komponen dengan ukuran berbeda digabungkan, obor harus memanaskan benda yang lebih berat.

Logam apa saja yang penyambungannya lebih baik di patri / solder  dibandingkan las? - Quora

Ada dua teknik umum yang digunakan untuk menerapkan solder padat. Preplacement adalah di mana potongan-potongan kecil solder ditempatkan di jahitan sambungan sebelum pemanasan. Panas kemudian diterapkan sampai solder mengalir ke sambungan. Pengumpanan adalah tempat sambungan fluks dipanaskan hingga suhu dan ujung kawat solder dimasukkan ke dalam sambungan dan harus meleleh saat bersentuhan.

Dengan menggunakan kedua teknik ini, sambungan harus dipanaskan lebih kuat daripada yang lain. Waktu dan suhu yang diperlukan untuk menyelesaikan sambungan harus dijaga agar tetap minimum.

Residu fluks emas dan perak biasanya dapat dihilangkan dengan merendamnya dalam air panas. Setiap residu lebih lanjut yang bertahan kemudian dapat dihilangkan dengan menyikat. Dalam kasus yang sulit, benda kerja harus dicelupkan ke dalam larutan asam sulfat 5 – 10% selama 2 – 5 menit, dibilas dengan air panas dan disikat lagi.

Untuk penyolderan skala besar, tungku kecil dapat digunakan untuk memberikan panas seragam yang cukup ke benda kerja. Untuk batch produksi massal atau tungku tipe konveyor dapat digunakan. Namun, jumlah komponen yang akan disolder harus cukup besar untuk membenarkan pengeluaran modal yang relatif tinggi dan pengembangan metode untuk setiap operasi penyolderan tertentu.

Semua benda kerja dapat berhasil diselesaikan dengan praktik dan proses standar yang tersedia saat ini. Harus dicatat bahwa boraks bubuk tidak selalu memenuhi persyaratan untuk semua aplikasi, di mana berbagai macam solder lain yang sekarang tersedia dapat digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.